PENERANGAN JALAN UMUM TENAGA SURYA

Lampu penerangan jalan umum (PJU) merupakan bagian dari bangunan pelengkap jalan yang dapat dipasang di bagian kiri, kanan atau median jalan yang digunakan untuk menerangi jalan maupun lingkungan di sekitarnya. Penerangan jalan umum yang baik dapat meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengendara khususnya pada saat malam hari, mencegah terjadinya kriminalitas, dan memberikan kesan indah dan nyaman.

Salah  satu  alternatif  bagi  penerangan  jalan umum  adalah  sistem  PJU  Tenaga Surya. Kemampuan sistem PJU Tenaga Surya untuk menghasilkan dan menyimpan energi listrik menjadikan sistem ini dapat diandalkan untuk menyuplai energi lampu jalan  pada  malam  hari.  Dengan  kecenderungan  semakin  tingginya  biaya  BBM  serta listrik maka PJU Tenaga Surya dapat menjadi pilihan yang lebih ekonimis serta ramah lingkungan. Selain itu proses instalasinya bersifat lokal, karena tidak memerlukan penggalian tanah untuk penarikan kabel bawah tanah, sehingga cocok untuk daerah jauh dari instalasi listrik PLN.

Secara umum Prinsip Kerja PJU Tenaga Surya dapat diuraikan sebagai berikut :

1.Siang Hari

Pada siang hari, energi listrik yang dihasilkan oleh Modul Surya (PV) akan langsung disalurkan ke baterai. Proses pengisian energi listrik dari PV ke baterai diatur oleh Solar Charge Controller agar tidak terjadi over charge. Besar energi yang dihasilkan oleh PV sangat tergantung kepada intensitas penyinaran matahari yang diterima oleh PV dan efisiensi cell.  Intensitas matahari maksimum mencapai 1000 Watt/m2, dengan efisiensi minimal  15%  maka  daya  yang  dapat  dihasilkan  oleh  PV  1000 Wp  adalah  sebesar  150 Watt/m2.

2.Malam Hari

Pada malam hari, energi yang tersimpan dalam baterai pada siang hari akan dipergunakan untuk menyuplai beban lampu melalui Solar Charge Controller (SCC). SCC memonitor kapasitas energi baterai agar tidak terjadi over discharge

Jenis – Jenis PJUTS

Sistem PJU Tenaga Surya dirancang dalam beberapa TYPE, menyesuaikan kebutuhan di lapangan. Oleh karenanya, detail setiap peralatan telah dihitung dengan cermat.

A. PJUTS Konvensional