PLTS OFF GRID TERPUSAT

Stand Alone PV system atau Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terpusat (PLTS-Terpusat) merupakan sistem pembangkit listrik alternatif untuk daerah-daerah terpencil/pedesaan yang tidak terjangkau oleh jaringan PLN skala besar. Sistem PLTS Sistem Terpusat disebut juga Stand-Alone PV system yaitu sistem pembangkit listrik yang hanya mengandalkan energi matahari sebagai satu-satunya sumber energi utama dengan menggunakan rangkaian photovoltaic module untuk menghasilkan energi listrik sesuai dengan kebutuhan.

 

Diagram Stand Alone PV System

PLTS terpusat seperti terlihat diatas memiliki komponen utama :

  • Array modul merupakan rangkaian sejumlah modul surya, yang pada siang hari akan menghasilkan energi listrik yang kemudian disimpan dalam baterai untuk dipergunakan siang dan malam hari.
  • COMBINER BOX adalah sebuah panel sistem tegangan DC yang berisi saklar pemisah atau MCB dan Arrester pada kedua bus positif dan negatif. Jadi setiap array melalui MCB sebelum masuk ke bus positif  dan    Untuk  setiap  bus  positif  dipasang  arrester  ke terminal grounding. Pada panel terdapat blocking diode yang berfungsi sebagai pengaman dari arus balik yang dapat timbul akibat tegangan baterai yang lebih tinggi di malam hari atau akibat variasi tegangan tiap array.
  • Inverter yang didunakan terbag menjadi 2 jenis, yaitu ;
    - Solar Inverter berfungsi untuk mengubah arus DC dari PV modul menjadi arus AC,
    - Battery inverter yang bersifat Bidirectional berfungsi untuk mencharge battery dan menyuplai beban.
  • Panel battery, berfungsi sebagai pemutus/penyambung antara baterai dengan inverter.
  • Battery, digunakan untuk menyimpan energi pada siang hari dari array modul untuk mensuplai beban.

a.Prinsip Kerja

Secara umum prinsip kerja PLTS Sistem Terpusat dapat diuraikan sebagai berikut :

  • Siang Hari

Pada siang hari, energi listrik yang dihasilkan   oleh   modul  surya   (PV) akan  langsung  disalurkan ke beban melalui   inverter.   Sebagian   energi listrik  yang  tersisa  akan dipergunakan untuk mengisi baterai.

Proses pengisian energi  listrik  dari PV ke baterai  diatur  oleh  solar charge controller agar tidak  terjadi over charge. Besar energi yang dihasilkan oleh PV sangat tergantung kepada intensitas penyinaran matahari yang diterima oleh PV dan efisiensi cell.  Intensitas matahari maksimum mencapai 1000 Watt/m2, dengan efisiensi cell 14% maka daya yang dapat dihasilkan oleh PV adalah sebesar 140 Watt/m2.

  • Malam Hari

Pada malam hari, sumber energi matahari tidak dapat dimanfaatkan lagi, maka beban akan disupplai oleh baterai.  Energi  yang  tersimpan dalam baterai pada siang hari akan dipergunakan  untuk menyuplai beban saat dibutuhkan melalui inverter. Inverter mengubah tegangan DC pada sisi baterai menjadi tegangan AC pada sisi beban.

 

Prinsip Kerja Stand Alone PV System